Wakaf Tanah Pembangunan Masjid

Hadits Tentang Keutamaan Membangun Masjid


Dari Utsman radhiallahu ‘anhu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membangun sebuah masjid karena mengharap wajah Allah, maka Allah akan bangunkan untuknya sebuah rumah di surga.” (HR. Bukhari 450)

“Barangsiapa membangun masjid -Bukair berkata: Aku mengiranya berkata: Karena mencari wajah Allah- maka Allah akan membangunkan sepertinya di surga. Disebutkan dalam riwayat Harun: Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga.” (HR. Muslim No.5297)

“Barangsiapa membangun masjid maka Allah akan membangunkan sepertinya di surga. Telah menceritakannya kepada kami Ishaq bin Ibrahim Al Hadzhali telah menceritakan kepada kami Abu Bakr Al Hanafi & Abdul Malik bin Ash Shabbah keduanya dari Abdul Hamid bin Ja'far dengan sanad ini, hanya saja dalam hadits keduanya disebutkan: Allah akan membangunkan rumah untuknya di surga.” (HR. Muslim No.5298)

Dari Jabir bin Abdullah radhiallahu’anhu sesungguhnya Rasulullah sallallahu’alahi wa sallam bersabda:  “Barangsiapa membangun masjid karena Allah sebesar sarang burung atau lebih kecil, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ibnu Majah 738. Dishahihkan oleh Al-Albani dan Al-Hafizh Abu Thahir)

“Barangsiapa membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangunkan yang semisal di surga.” Ia berkata; Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abu Bakar, Umar, Ali, Abdullah bin Umar, Anas, Ibnu Abbas, 'Aisyah, Ummu Habibah, Abu Dzar, Amru bin Abasah, Watsilah bin Al Asqa', Abu Hurairah & Jabir bin Abdullah. Abu Isa berkata; Hadits Utsman ini derajatnya hasan shahih.
Mahmud bin Labid pernah bertemu dengan Nabi, demikian juga dgn Mahmud bin Ar Rabi' juga telah bertemu dengan Nabi, keduanya adalah anak-anak kecil dari kota Madinah. (HR. Tirmidzi No.292)

“Barangsiapa membangun sebuah masjid karena Allah baik kecil maupun besar, maka Allah akan membuatkan sebuah rumah baginya di surga.” Qutaibah menceritakan demikian kepada kami, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Nuh bin Qais dari Abdurrahman pelayan Qais dari Ziyad An Numairi dari Anas dari Nabi seperti ini. (HR. Tirmidzi No.293)

“Barangsiapa membangun masjid yang dipakai untuk berdzikir kepada Allah, maka Allah Azza wa Jalla akan membangun sebuah rumah di surga baginya.” (HR. Nasai No.681)